10/20/2013

Java

Java diluncurkan pertama kali pada tahun 1995 sebagai bahasa pemrograman umum (general purpose programming language). Dengan visi “Write once, run anywhere” (WORA), para perancang Java memulai dengan menanamkan visi mereka ke dalam Java untuk membuat piranti-piranti yang ada di rumah (small-embedded customer device) seperti TV, Telepon, Radio, dan sebagainya supaya dapat berkomunikasi satu sama lain.

Langkah pertama yang diambil oleh Sun Microsrystem adalah dengan membuat JVM (Java Virtual Machine) yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk JRE (Java Runtime Environment). JVM merupakan lingkungan tempat eksekusi program Java berlangsung dimana para objek saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Dengan konsep Virtual Machine membuat Java mempunyai kemampuan penanganan memory yang lebih baik, keamanan yang lebih tinggi serta portabilitas yang besar.

Pada tahun 2012, Java adalah salah satu dari bahasa pemrograman yang paling sering digunakan, khususnya untuk client-server web applications, dengan pengguna dilaporkan sebanyak 9 juta developer. Java pertama kali dikembangkan oleh James Gosling di Sun Microsystems (sekarang telah tergabung dalam perusahaan Oracle Corporation) dan di rilis pada tahun 1995 sebagai komponen inti dari Java Platform milik Sun Microsystems. Bahasa Java banyak berasal dari syntax yang terdapat dalam C dan C++, tetapi bahasa Java memiliki sedikit fasilitas low-level dari kedua bahasa tersebut. 
Compiler Java, virtual machine, dan class library Java pertama kali dikembangkan oleh Sun dari tahun 1991 dan pertama kali dirilis pada tahun 1995.

Untuk mendownload materi Java Anda dapat mengklik disini.

Tidak ada komentar: