10/21/2013

Pilihan Kata (Diksi)

Pilihan kata - Tugas Bahasa Indonesia 1

Pada postingan blog kali ini saya akan membahas tentang percakapan Vicky Prasetyo pada saat wawancara:




"Di usiaku ini, twenty nine my age, aku masih merindukan apresiasi karena basically, aku senang musik, walaupun kontroversi hati aku lebih menyudutkan kepada konspirasi kemakmuran yang kita pilih ya."

"Kita belajar, apa ya, harmonisisasi dari hal terkecil sampai terbesar. Aku pikir kita enggak boleh ego terhadap satu kepentingan dan  mengkudeta apa yang kita menjadi keinginan."

"Dengan adanya hubungan ini, bukan mempertakut, bukan mempersuram statusisasi kemakmuran keluarga dia, tapi menjadi confident."

"Tapi, kita harus bisa mensiasati kecerdasan itu untuk labil ekonomi kita tetap lebih baik dan aku sangat bangga..." kata Vicky lagi.

Seusai memberikan keterangan itu, Zaskia berkata mesra kepada Vicky, "Dibeliin rumah ya Pap ya, aku dibeliin rumah ya sayang ya..."


"Nantilah, kita komunikasikan lagi,"

Koreksi kata:

Pada kata bukan mempertakut harusnya diganti dengan kata yang benar seperti 'tidak menakuti'.
Bukan mempersuram diganti menjadi 'tidak membuat suram'. Pada saat Vicky memberi tahu umurnya seharusnya dia berkata 'I'm twenty nine years old' atau dia sudah berumur 29 tahun. Kata kontroversi hati lebih baiknya diganti dengan kata yang benar menjadi 'pertentangan batin', dan konspirasi kemakmuran menjadi keadaan makmur.


Labil ekonomi seharusnya 'goyah ekonomi, tapi jika dibalik jadi ekonomi labil yang berarti ekonomi goyah'. kata-kata seperti harmonisisasi lebih baik jika diucapkan 'harmonisasi' dan kata stasusisasi  kemakmuran menjadi 'status'. Kata terakhir, yaitu kita enggak boleh ego diganti menjadi kata yang benar yaitu 'kita tidak boleh egois'.



Tidak ada komentar: