6/23/2013

Perilaku Konsumen

Perilaku Konsumen

oleh Farizky AriefZacky Hutama

Outline:
  • Pendekatan Kardinal dan Ordinal
  • Elastisitas

Perilaku Konsumen merupakan proses dan aktivitas seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang-berharga jual rendah proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang

Pendekatan Kardinal dan Ordinal

Pendekatan kardinal, kepuasan dapat diukur dengan uang atau satuan hitung lainnya. Sedangkan pendekatan Ordinal, kepuasan tidak dapat diukur dengan satu satuan.

Pendekatan Perilaku Konsumen

Pendekatan untuk mempelajari tingkah laku konsumen ada dua yaitu:
  1. Pendekatan Marginal Utility, beranggapan bahwa kepuasan konsumen dapat diukur dengan satu satuan, misalnya Uang.
  2. Pendekatan Indifference Curve (ordinal) yang beranggapan bahwa kepuasan konsumen tidak dapat diukur dengan satu satuan. Tingkat kepuasan hanya dapat dinyatakan lebih tinggi atau lebih rendah. Dalam pendekatan Marginal Utility digunakan anggapan sebagai berikut:
  1. Utility bisa diukur dengan uang.
  2. Hukum Gossen (The Law of Diminishing Returns) berlaku yang menyatakan bahwa "Semakin banyak sesuatu barang dikonsumsi, maka tambahan kepuasan yang diperoleh dari setiap satuan tambahan yang dikonsumsikan akan menurun".
  3. Konsumen berusaha memaksimalkan kepuasan.

 

Elastisitas 

Pengertian Elastisitas adalah derajat kepekaan jumlah permintaan terhadap perubahan salah satu faktor yang mempengaruhi.
Macam-macam koefisien Elastisitas:
Elastisitas sempurna, elastisitas, elastisitas tunggal, inelastis, dan inelastis sempurna.

Jenis Elastisitas:
Permintaan & Penawaran.

Jenis-jenis elastisitas permintaan dan penawaran:
  • Elastisitas Harga
  • Elastisitas Silang
  • Elastisitas Pendapatan

Kesimpulan

  • Pendekatan pada perilaku konsumen ada dua macam yaitu kardinal, kepuasan dapat diukur dengan uang atau satuan hitung lainnya (Marginal dan Total Utility), dan Ordinal, kepuasan tidak dapat diukur dengan satu satuan.
  • Elastisitas, derajat kepekaan jumlah permintaan terhadap perubahan salah satu faktor yang mempengaruhi. Terdapat dua jenis Elastisitas permintaan dan Penawaran.
  • Jenis Elastisitas secara umum ada tiga (3) macam: harga, silang, dan Pendapatan.
Referensi:
  • Pengantar Ekonomi, Diktat Kuliah Gunadarma, Jakarta, 1991.
  • Wikipedia
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
  • eLearning Gunadarma: http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_ekonomi/Bab_2.pdf

Tidak ada komentar: