8/31/2016

Lenovo Siap Maju Youth Festival (2016)


Lenovo Siap Maju Youth Festival

Event Details:

When: Saturday, 20 August 2016
Venue: Conclave Co Working Space, Jakarta

Awal Cerita

Awal cerita dimulai pada saat saya menonton VLOG YouTube Ario Pratomo pada 5 Agustus 2016 lalu, ketika itu saya melihat video ini:


Video: VLOGGARIO 144 | KETEMUAN YUK! #LenovoSiapMaju

Singkat cerita, setelah sekian lama mengikuti perkembangan dan cerita-cerita di Vlog Ario Pratomo, niatnya waktu itu akan diadakan acara meetup sekaligus acara Lenovo Inspiration Hunt 2016 yang diadakan di kota Jakarta, lalu saya ikut daftar pada 5 Agustus 2016 lalu melalui web ticketing di eventbrite.com untuk mengikuti acaranya.

Fast forward, langsung ke hari-H dimana waktu pagi hari itu saya mengikuti kelas dulu di @america (American Cultural Center) yang berlokasi di Pacific Mall, level 3, SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan. Kelas yang saat itu saya ikuti adalah kelas seri dari 7 minggu MOOC/ Massive Open Online Course dari coursera.com yang berjudul 'Introduction to Public Speaking' berkerjasama dengan University of Washington yang difasilitasi oleh @america dengan speaker bernama Bryan Gunawan.

Bryan Gunawan

Pada pagi hari jam 9:00 saya bergegas dari rumah ke Pacific Place dengan menggunakan layanan motor Go-Jek, lokasi dari rumah saya ke Pacific Place terpaut jarak 15 km. Sebelum acara di Conclave mulai, saya mencari dimana tempat co-work space itu berada dengan menggunakan aplikasi Google Maps, saya menentukan dahulu lokasi titik saya berada pada saat itu yaitu di Pacific Place (titik A) dan tujuan ke Conclave (titik B), it turns out just 2.0 km away! jadi saya menetapkan pada saat itu juga, jika kelas sudah selesai maka saya akan jalan kaki kesana. 

Measure distance - © 2016 Google

Sesampainya saya di Conclave yaitu pada jam 13:42, butuh waktu sekitar 28 menit untuk jalan kaki. Langsung pada saat itu juga saya menunjukkan tiket untuk dapat masuk ke event 'Siap Maju Youth Festival', jujur pada saat itu saya tidak tau siapa saja pembicara nya, namun saya pada saat itu memilih untuk mengikuti kelas inspirasi ini:
  1. Event #1 - Ario Pratomo - "Discover Yourself through Social Media".
  2. Event #2 - Chikita Fawzi - "Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau".
  3. Event #3 - Faldo Maldini - "Membangun Gerakan Digital (Pulang Kampuang.com)".
Siap Maju Youth Festival Pass


Ario Pratomo

Acara pertama dimulai oleh Ario Pratomo (Job: Freight Cargo, Writer - Tech Blogger also a Vlogger), pada jam 14:10. Ario menceritakan awal mula pengalaman terhadap social media dia pada saat memulai menggunakan Facebook. Kala itu dia menggunakan Facebook untuk postingan pertamanya berupa foto di Manchester, Old Trafford, United Kingdom.


Ario Pratomo (aka Sheggario)

Cerita berikutnya Ario Pratomo, menceritakan tentang kegiatan vlogging di platform YouTube, menurut dia teknik dalam membuat video di YouTube tidak bisa dilakukan sendiri, namun lebih bagus jika berkolaborasi dengan orang lain. "Jangan terlalu memikirkan aspek teknik dalam membuat video baik itu panning, zooming, dan-lain-lain. Pada saat baru memulai Vlog, pikirkan dulu saja cerita apa yang ingin dibuat." Awal dia bekerja sama dengan Lenovo waktu itu menuju ke Beijing untuk acara Lenovo Tech World, dia di kontak oleh PR Agency dari Lenovo.
"Jangan terlalu memikirkan aspek teknik dalam membuat video baik itu, panningzooming, dan-lain-lain. Pada saat baru memulai Vlog, pikirkan dulu saja cerita apa yang ingin dibuat." - Ario Pratomo
Pada saat ditanya kenapa memulai kegiatan vlogging yang dilakukan (hampir) setiap hari yang menurut saya dapat dikatakan menjadi 'daily vlogging', Ario mengatakan bahwa awal vlog yang dia buat adalah review gadget yang berupa Apple TV, sebuah set up box untuk streaming acara tv maupun film ke dalam TV melalui koneksi Internet. Namun, saat dimana Ario mulai serius terhadap Vlog yang dibuatnya adalah ketika dia mendokumentasikan (is it the right word to say this?) seluruh hal tentang penantian terhadap anak pertamanya yang akan lahir dengan istri dia yang bernama Nucha Bachri.

Chikita Fawzi

Event kedua, dimulai pada jam 15:00, yaitu dengan pembicara Chikita Fawzi dibantu dengan bu Maria. Chiki mengawali cerita tentang gerakan Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (atau KIJP), yang memfokuskan terhadap pendidikan untuk usia muda khususnya rentang usia anak Sekolah Dasar (SD) dan yang tinggal di pulau-pulau.

Chikita Fawzi (founder of pilot project Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau, also a singer, 3D animator, and mural artist)

Chikita Fawzi adalah seorang mural artist, 3D animator, dia pernah bekerja di Les Copaque Production (rumah produksi animasi Upin Ipin) yang berada di Shah Alam, Selangor, Malaysia. Setelah Chikita resign dari Les Copaque, Ia memulai gerakan KIJP ini dengan cara sharing, mengajar tentang budi pekerti, dan-lain-lain.

Chikita Fawzi dalam membangkitkan animasi Indonesia


Gerakan KIJP ini masih dalam tahap 'pilot project' namun sudah sampai tahap batch ke - 5. Kegiatan dari KIJP biasanya mendatangi anak-anak pulau (walaupun belum bisa semua) dengan diajari cara mengantri, mengajari pengetahuan tentang bahwa negara Indonesia itu luas. Komunitas KIJP ini baru berfokus pada pendidikan untuk anak-anak yang tinggal di pulau-pulau kecil.
"Ingat pada dua hal yaitu: fun dan juga simple." - Chikita Fawzi
Awal mula dalam membuat gerakan KIJP mendatangi Kepulauan Seribu, mereka datang ke 4 SD di Pulau Tidung yaitu, SDN (Sekolah Dasar Negeri) PT (Pulau Tidung) 01, SDN PT 02, SDN PT 03, dan SDN PT 04. 

Kenapa menjangkau anak Sekolah Dasar?

Pertanyaannya kenapa menjangkau anak Sekolah Dasar? Pembentukan karakter pada umur atau usia di Sekolah Dasar adalah saat yang tepat dimana membangun karakter maupun budi pekerti seperti kejujuran, budaya mengantri, dan-lain-lain. Permasalahan di pulau, karena tidak ada yang namanya budaya antri, seperti naik transjakarta, kendaraan umum, maupun kereta. Video KIJP Batch#2 SDN Tidung 01 dan SDN Tidung 02 - Pulau Tidung dapat menggambarkan tentang kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau.


Video: KIJP Batch#2 SDN Tidung 01 & 02 - Pulau Tidung

Langkah-langkah dalam membuat Gerakan menurut Chikita Fawzi harus memiliki:

  • Fun. Gerakan harus menyenangkan.
  • Simple. Tujuannya adalah membuat gerakan yang baik dan simple.
  • Action. Action apa yang akan dilakukan, teknis dikesampingkan dulu. Sejalan dalam kegiatan gerakan, teknis akan bertemu.
  • Temui Market (Sumber Daya Manusia) - Para relawan yang peduli dengan pendidikan. Karena tidak mungkin dalam membuat gerakan, tidak memiliki market (SDM).

Video: KIJP Batch#2 SDN Tidung 03 Pagi - Pulau Tidung (Tahun 2014)
Sumber: KIJP

"Menjadi orang pintar itu penting, tapi menjadi orang yang mempunyai value itu jauh lebih penting" 

Dalam bergabung sebagai relawan di KIJP harus usia yang sudah berkerja, relawan KIJP tidak memiliki batasan umur, dan minimal sudah bekerja setidaknya 2 tahun. Tujuan KIJP adalah menjangkau pulau-pulau kecil. Sebelum acara selesai Chikita Fawzi menyempatkan waktu untuk mengajak audiens untuk mengikuti bernyanyi bersama dengan sebuah gitar dengan lagu yang dibawakan yaitu "gembira bersama".

Faldo Maldini

Event ketiga, dimulai pada jam 16:00 oleh Faldo Maldini dengan judul 'Membangun Gerakan Digital'.
Faldo Maldini (founder of Pulang Kampuang)

Awal acara Faldo Maldini menceritakan tentang apa itu gerakan dan bagaimana menggabungkan teknologi digital dengan gerakan. Kembali ke masa awal Faldo Maldini sebelum merantau ke Jakarta dari Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Faldo mengatakan bahwa gerakan itu adalah dimana pandangan kita berubah dari sebelumnya yang hanya memikirkan diri sendiri berubah menjadi tidak hanya memikirkan sendiri tetapi juga memikirkan bahkan menggerakkan orang lain untuk memikirkan orang lain.

Prinsip Gerakan

Faldo menceritakan tentang passion, kreativitas, breakthrough, dan usefulness. Dalam mengerjakan sesuatu hal; apapun itu, kita harus memiliki passion, karena menurut dia jangan lakukan yang tidak kita sukai. Setelah itu Faldo mengatakan juga orang muda seperti kita harus kreatif dalam segala hal. Breakthrough, inspirasi seperti dari perusahaan startup (rintisan) layaknya Go-Jek yang memiliki valuasi melebihi airline company Garuda Indonesia. Hal terakhir dalam prinsip gerakan menurut Faldo harus memiliki usefulness atau kemanfaatan, bermanfaat untuk banyak orang.

Gerakan menggunakan digital dimulai dari ide-ide sederhana, langkah kecil dan diperkuat dengan menggunakan teknologi. Mungkin menurut sebagaian orang ide sederhana itu simple, padahal tidak. Menurut Faldo, yang penting bagaimana cara untuk scale up, atau dalam bahasa yang mudah dipahami adalah bagaimana caranya untuk berkembang.

"Sesuatu yang dikomunikasikan dan dieksekusi dengan baik akan membuat orang tergerak untuk membuat suatu perubahan." - Faldo Maldini

Hal berikutnya yang penting untuk membangun gerakan dengan memanfaatkan teknologi. Banyak hal, yaitu dapat dengan cara mengadakan inspiration talk, media sosial, aksi sosial, atau dengan cara crowdfunding. Untuk hal masalah crowdfunding, jujur saya masih sedikit mengetahui tentang hal ini, yang saya mengerti tentang crowdfunding adalah mengumpulkan dana dengan cara donasi, mencari angel investor, maupun sumber dana-dana lainnya. Untuk hal crowdfunding, saya akan mencari tau lebih lanjut dan membuat posting blog kedepannya.

Empati

  • Dalam membangun gerakan kita harus memiliki empati.
  • Membayangkan dunia dari berbagai perspektif (pandangan) dan merasakan apa yang orang lain rasakan.
  • Design Thinking.
  • Berkontribusi ke kampung tempat dulu kita tinggal.
  • Doing something for others. Lakukan sesuatu untuk orang lain.

Berpikir Integratif

  • Kemampuan berpikir terstruktur dan bisa mempertimbangkan pro dan kontra.
  • Terapkan SWOT.
  • Bagaimana cara membuatnya sustainable? atau berkelanjutan.
  • Bagaimana cara membuatnya monetize?

Optimisme

  • Tak peduli seberapa sulit tantangan yang dihadapi, kita harus terus yakin tujuan tercapai.
  • Jangan sampai lemah semangat nya hanya karena masalah uang, fasilitas, atau hal lain.
  • Solusi itu datang dari diri sendiri.
  • Optimis itu penting.
  • Haters atau pembenci itu pasti selalu ada.

Kolaborasi

  • Kolaborasi itu penting.
  • Gotong royong.

Eksekusi

  • Pastikan eksekusi kita benar dan baik.
  • Minimalkan kesalahan.

Gunakan Komunikasi Publik

  • Komunikasi itu penting. Pelajari tentang project management, strategy marketing, idea, good execution, dan good delivery.
  • Personal branding juga penting.


Billy Boen (Young On Top)

Pada jam 18:00 pembicara utama memulai acara yaitu Billy Boen:

Billy Boen (YOT - Young On Top founder, also a writer)


Billy Boen yang merupakan pendiri PT. YOT Nusantara (Young On Top) membagikan pengalaman nya berkerja sampai akhirnya mendirikan 4 PT. yang dijalaninya sampai saat ini. Berikut ini sekilas infographic tentang Billy Boen:

About Billy Boen

Dalam event kali ini Billy memiliki pandangan terhadap basic atau dasar dari entrepreneur yaitu semakin banyak pengguna menggunakan jasa kita, maka semakin besar usaha kita, namun kita juga harus passionate terhadap apa yang kita kerjakan atau lakukan.

"Entrepreneur lahir ketika passionate terhadap sesuatu dan membuatnya menjadi solusi." - Billy Boen

Hal-hal apa saja atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai hal tersebut menurut Billy Boen, adalah: passion, purpose, opportunities versus threats, strengths versus weaknesses, partnership, dan business plan.


Passion

Kita harus menemukan dahulu apa passion kita, sesuatu yang kita cintai, sayangnya banyak anak muda yang tidak mengetahui terhadap passion nya. Passion itu cukup yang simple saja, sesuatu yang kita sukai untuk keluar dari rutinitas kita. Jadi siap untuk melakukan sesuatu yang kita cintai tanpa dibayar. Passion dapat berupa hal seperti musik maupun makanan atau minuman.

Purpose

"Am I really passionate about this?" merupakan suatu pertanyaan yang harus kita tanyakan kepada diri kita sendiri. Apakah saya benar-benar passionate terhadap hal ini, atau tidak. Menurut Billy, purpose atau tujuan dalam dunia bisnis disebut visi, tujuan yang sifatnya berjangka jauh yang ingin dicapai. "Keep it going or stop."

Opportunities VS Threats 

Setelah mengetahui apa itu passion dan apa itu purpose, lalu lihat apakah 'worth it' untuk dijalankan menjadi sebuah bisnis?. Dalam dunia bisnis terdapat dua macam tipe, yaitu:
  1. Pioneer, menjadi pioneer itu bagus, namun cobaannya yaitu memiliki effort atau upaya yang lebih besar daripada menjadi follower.
  2. Follower, tidak mudah menjadi pioneer.

Strengths VS Weaknesses

Zaman dahulu adalah dimana zamannya orang bekerja sendiri, namun kini zaman sudah berubah menjadi era collaborative, yaitu bermitra dengan orang lain (dengan partner).
  • Partner yang bisa diajak berdiskusi.
  • Partner itu penting, yang saling melengkapi kita.
  • Cari ide, termasuk juga uang.

Partnership

  • Build trust, bangun kepercayaan. Dengan bermitra dengan orang lain, wawasan dan skill kita dapat bertambah luas dan juga memiliki arti.

Business Plan

  • Ide, tujuan, bicarakan dengan mitra. Cari mitra yang memiliki values.
  • Tulis visi dan misi dengan jelas.
  • Action Plan berupa: sales, activation, dan marketing.

"Just do it, tell stories" - Billy Boen

Penutup

Photo: Me with Billy Boen

Banyak hal yang dapat kita pelajari di luar kelas, dengan memberanikan diri kita keluar dari zona nyaman kita, kita dapat melihat dunia luar yang sangat luas.

Jangan pernah berhenti belajar, dan yang terpenting kita harus memberikan yang terbaik dalam menjalani hari-hari kita.













Tidak ada komentar: