1/13/2015

Teknologi Motion-Sensing: Leap Motion


Leap Motion

Leap Motion Controller.JPG
Gambar: Leap Motion Controller

Penggunaan komputer seiring waktu berevolusi, mulai dari menggunakan keyboard dan mouse, lalu dengan menyentuh layar sentuh, sampai sekarang pengguna dapat mengontrol komputer tanpa menyentuhnya, cukup menggerakan jari di depan sensor Leap Motion.

Sejarah 

Teknologi untuk Leap Motion pertama kali dikembangkan pada tahun 2008, ketika David Holz mengambil gelar Ph.D. di bidang matematika. David Holz dengan bantuan angel investment, mendirikan perusahaan Leap Motion pada tahun 2010 dengan teman masa kecilnya, Michael Buckwald. Perusahaan Leap Motion mendapatkan dana pembiayaan sebesar US$1.3 juta pada bulan Juni 2011 dengan investasi dari perusahaan modal venture Andreessen Horowitz, Founders Fund, dan SOSventures, serta beberapa angel investor. Pada bulan Mei 2012, Leap Motion mengumumkan pendanaan putaran Seri A sebesar US$12.75 juta yang dipimpin oleh Highland Capital Partners. Pada Januari 2013, Leap Motion mengumkan pendanaan putaran seri B lebih lanjut yang sebesar US$30 juta.

Setelah beroperasi sejak tahun 2010, Leap Motion secara publik mengumumkan produk pertamanya yang awal diberi nama The Leap, pada 21 Mei 2012. Perusahaan Leap Motion meluncurkan software developer program pada Oktober 2012 dan mendistribusikan sekitar 12.000 unit kepada para pengembang yang berminat dalam membuat aplikasi untuk perangkat Leap Motion. 

Sementara perangkat dijadwalkan untuk diluncurkan pada Mei 2013, pengiriman skala penuh kemudian ditunda sampai bulan Juli. Pada bulan Maret 2014, dilaporkan di TechCrunch bahwa sekitar 500.000 unit telah terjual, jauh dari harapan awal; sebagai hasilnya, Leap Motion mengumumkan PHK 10 persen dari tenaga kerjanya, terutama di dalam bidang penjualan dan pemasaran.

Pada bulan Mei 2014, Leap Motion merilis software versi 2 untuk pengembang.

Airspace

Dalam menjual aplikasi yang dibuat oleh pengembang, Leap Motion memiliki app store yang di beri nama Airspace. Pada bulan November 2013, LA Times melaporkan bahwa Airspace telah memiliki 150 aplikasi.

Kemitraan Hardware

Leap Motion telah bermitra dengan ASUS yang diharapkan untuk menjual notebook high-end, dan all-in-one PC (AIO PIC) dengan technology Leap Motion pada tahun 2013.
Leap Motion juga mengumkan kesepakatan denagan Hewlett Pacard untuk menanamkan teknologi Leap Motion dalam komputer HP. Pada Desember 2013, dilaporkan Leap Motion akan dimasukkan ke dalam 11 perangkat HP, termasuk keyboard dan laptop.

Perkembangan Teknologi Motion-Sensing


Berikut perkembangan dari teknologi motion-sensing, dengan video berjudul:

I typed text on a computer with my thoughts - Top Shelf





Sumber Gambar:

"Leap Motion Controller" by MorePix - Own work. Licensed under CC BY-SA 3.0 via Wikimedia Commons.



Tidak ada komentar: