1/13/2015

Manajemen Data Telematika

Manajemen Data Telematika


Dalam perwujudan data dalam sebuah komunikasi, terutama komunikasi dalam jaringan internet yang di kenal dengan telematika. Dengan memiliki manajemen data (data management) yang dapat mengatur jalannya komunikasi. Dalam telematika, terdapat tiga sisi manajemen data, yaitu:

  1. Manajemen data sisi client
  2. Manajemen data sisi server
  3. Manajemen data berbasis sistem perangkat bergerak (atau mobile device).
Manajemen data sisi client adalah dimana pemrosesan dan pengolahan data terjadi pada sisi client, dalam hal ini contohnya adalah user, dan nantinya data tersebut dapat dikirimkan ke server atau disinkronisasikan dengan server, lalu manajemen data sisi server adalah dimana pemrosesan dan pengolahan terjadi pada sisi server, baik data itu dikirim dari klien, maupun mengolah data yang telah ada di server itu sendiri, sedangkan manajemen data berbasis sistem perangkat bergerak (mobile device) adalah dimana suatu sistem basis data memiliki sifat yang dinamis.

Aplikasi Manajemen Data Telematika

Manajemen Data Sisi Client

Manajemen data yang terjadi pada sisi client dapat di pahami pada DBMS (DataBase Management Systems) dibawah ini:

Mobile DBMS (Embedded Database)
Mobile DBMS merupakan suatu DBMS yang terdapat pada perangkat bergerak (mobile device). Mobile DBMS dirancang untuk digunakan secara remote oleh pengguna yang bisanya tidak terhubung ke jaringan.

Manajemen Data Sisi Server

Manajemen data yang terjadi pada sisi server dapat di pahami pada DBMS dibawah ini:

MODBMS (Moving Object DataBase Management Systems) adalah sebuah DBMS yang menyimpan dan mengelola informasi lokasi (location services) serta informasi dinamis lainnya tentang obyek bergerak.

Manajemen Data berbasis Sistem Perangkat Bergerak

Manajemen data berbasis sistem perangkat bergerak (mobile device) adalah sebuah database yang dapat dibawa atau disinkronisasi dari perangkat komputasi bergerak (mobile computing). 


Sumber Referensi:








Tidak ada komentar: