10/02/2014

Pengantar Telematika

Apa itu telematika?

Telematika adalah suatu cabang dari teknologi informasi yang meliputi telekomunikasi (telecommunications), teknologi kendaraan (vehicular network), transportasi jalan (road transport), keselamatan jalan, teknik elektro (sensor, instrumentasi, komunikasi nirkabel, dll), ilmu komputer (multimedia, internet, dll). Oleh karena itu penerapan telematika adalah dengan salah satu berikut ini:
  • Teknologi pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi.
  • Pemanfaatan yang terintegrasi dari telekomunikasi dan informatika.
  • Telematika termasuk namun tidak terbatas pada teknologi Global Satellite Positioning System (GPS) yang terintegrasi dengan komputer dan teknologi komunikasi mobile dalam sistem navigasi otomotif.

Singkatnya, telematika itu adalah cabang teknologi informasi yang berhubungan dengan transmisi jarak jauh dari informasi yang terkomputerisasi.

Vehicle Telematics (Kendaraan Telematika)

Gambar: Automatic
Sumber: Automatic Labs Inc.

Vehicle Telematics adalah sebuah pertemuan antara telekomunikasi dan pengolahan informasi, istilah tersebut kemudian berkembang menjadi otomatisasi dalam mobil, seperti penemuan sistem peringatan darurat untuk kendaraan. Berikut ini adalah video tentang penerapan teknologi telematika pada mobil dengan alat yang diberi nama Automatic Link dari Automatic Labs Inc. Automatic Link dapat terhubung dengan sistem GPS yang terdapat pada smartphone anda melalui software yang bernama Automatic.


Video courtesy of: Automatic Labs

Navigasi GPS (Global Satellite Positioning System), komunikasi wireless yang terintegrasi dengan smartphone (phone) dan keamanan sistem bantuan mengemudi otomatis (automatic) semua tercakup pada cakupan telematika.

Apple CarPlay yang mengintegrasikan iPhone dengan mobil
Sumber Gambar: Apple Inc.

Pada awal tahun 2014, Apple mengumumkan sistem operasi untuk 'iOS pada mobil' yang diberi nama Apple CarPlay. Dengan perubahan teknologi yang berubah dari semula analog menjadi digital, dunia otomotif dipertimbangkan akan menjadi trend ke depan bagi telematika. Karena, jangka waktu hidup sebuah mobil jauh lebih panjang dibandingkan dengan jangka waktu hidup dari teknologi digital seperti misalnya handphone, dan juga software yang dijalankan didalamnya. Tantangannya adalah bagaimana menciptakan sebuah sistem infotainment (atau information dan entertainment) pada sebuah mobil yang dapat tetap up to date (dengan kata lain selalu mutakhir).


Video courtesy of: Volvo Concept Estate

Sebagian nama-nama besar dalam industri otomotif memiliki sistem mereka sendiri, tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini, mereka sudah berkumpul pada satu ide yang sederhana, bahwa teknologi pintar dalam mobil perlu didorong oleh perangkat eksternal dari industri otomotif dengan update yang teratur dengan mobil.


Referensi Web:
  1. http://elfazri.blogspot.com/2013/10/part-1-pengantar-telematika-definisi.html (diakses pada tanggal 2 Oktober 2014).
  2. https://www.apple.com/ios/carplay/ (diakses pada tanggal 2 Oktober 2014).
  3. http://store.apple.com/us/accessories/all-accessories/car (diakses pada tanggal 2 Oktober 2014).
  4. https://www.automatic.com/ (diakses pada tanggal 2 Oktober 2014).
  5. Matthew Wright, Editor, UK Telematics Online. http://www.uktelematicsonline.co.uk/ (diakses pada tanggal 2 Oktober 2014).
Referensi Buku (eBook):

  1. Chung-Ming Huang and Yuh-Shyan Chen, Telematics communication technologies and vehicular networks : wireless architectures and applications, Taiwan, 2010. (diakses pada tanggal 1 Oktober 2014).


Tidak ada komentar: