10/26/2014

Alat Telematika - e-Banking BCA

Pada posting blog pengantar telematika yang pertama, telah saya jelaskan tentang apa itu telematika. Bahwa telematika adalah cabang dari teknologi informasi yang meliputi telekomunikasi teknik elektro (sensor dan komunikasi nirkabel), dan ilmu komputer (multimedia, internet, dll).


Gambar 1.1: KeyBCA

Kali ini saya akan membahas alat telematika yang sering saya gunakan, yaitu Internet Banking atau Electronic Banking menggunakan e-Banking dari BCA.

e-Banking BCA

Padatnya aktivitas sehari-hari, ditambah juga dengan urusan mendadak yang harus diselesaikan dengan cepat, terkadang membuat susunan rencana yang sudah dibuat hanya tinggal rencana. Harapannya adalah bagaimana bila transaksi perbankan maupun transaksi sehari-hari bisa dilakukan lebih santai dan juga berjalan sesuai dengan rencana yang diinginkan.

Ragam layanan e-Banking dari BCA yakni, KlikBCA, BCA mobile, BCA KlikPay, ATM BCA, Debit BCA, Kartu Kredit BCA, Kartu Flazz (electronic money) menggunakan RFID Card (atau less cash), dan fasilitas e-Banking lainnya.



Gambar 1.2: e-Banking - KlikBCA

Penggunaan Internet Banking

Misalnya, ketika saat saya harus melakukan pembayaran tagihan telepon, internet atau pembayaran e-commerce karena sudah jatuh tempo. Saya bisa memilih e-Banking berupa KlikBCA atau BCA mobile untuk segera memprosesnya.
Atau pada saat saya ingin berpergian tanpa terhambat macet, saya memilih untuk menggunakan transportasi masal (mass transportation) seperti Transjakarta atau Commuter Line. Cukup dengan tap kartu Flazz, maka langsung bisa menggunakan jasa tersebut tanpa hambatan.

Bagaimana Jika e-Banking tidak Ada?

Menurut saya apabila e-Banking, Mobile Banking maupun electronic money (e-money) tidak ada maka transaksi-transaksi dilakukan secara tunai dan sangat tidak cepat. Karena dengan menggunakan
e-Banking dan e-money kita tidak perlu lagi membawa dompet yang tebal dan juga lebih aman.

Sumber Referensi:

http://www.klikbca.com

Tidak ada komentar: