9/29/2013

Belajar Membuat Esai

Jakarta, 29 September 2013

Belajar  membuat  Esai  

Dalam  Ensiklopedia  Indonesia  terdapat  keterangan  sebagai  berikut.  “Esai  adalah  jenis  tulisan  prosa  yang  menguraikan  masalah  dalam  bidang  kesusastraan,  kesenian,  kebudayaan,  ilmu  pengetahuan,  dan  filsafat;  berdasarkan  pengamatan,  pengupasan,  penafsiran  fakta  yang  nyata  atau  tanggapan  yang  berlaku  dengan  mengemukakan  gagasan  dan  wawasan  pengarangnya  sendiri.  
Dalam  esai  pengarang  melontarkan  suatu  sudut  pandangan  tertentu,  sikap  pribadi,  membawakan  penemuannya  sendiri,  mendekati  bahan  subjek  dengan  sistematika  uraian  yang  teratur  ….”.  Sebuah  esai,  seperti  halnya  karya  tulis  lain,  terdiri  dari  tiga  bagian,  yaitu  pendahuluan,  isi  (batang  tubuh),  dan  penutup.    

Nama  saya  Farizky  AriefZacky  Hutama,  saya  lahir  pada  tanggal  13  Mei  1992,  di  Batam,  Indonesia.  Bapak  saya  lahir  di  daerah  Tegal,  Jawa  Tengah,  sedangkan  ibu  saya  dilahirkan  di  Kepulauan  Sambu,  Kep.  Riau.  Saya  mempunyai  dua  saudara,  kakak  perempuan  dan  laki-‐laki,  saya  yang  paling  muda.  Kakak  perempuan  saya  Raynidia  Anggraini  adalah  kakak  saya  yang  tertua,  dan  kakak  kedua  saya  Iqbal  Bimantara.

Saya sekeluarga tinggal di Batam sampai pada tahun 1997, keluarga saya pindah ke Jakarta, lebih tepatnya di daerah Jatiwaringin, Bekasi. Saya menempuh pendidikan Sekolah Dasar saya di SDI As-Syafiiyah, Bekasi, dan melanjutkan pendidikan menengah saya di SMPN 109. Pada tahun 2008 saya melanjutkan pendidikan ke SMA yaitu di sebuah sekolah swasta SMA - Angkasa 1, Jakarta.
Tahun berikutnya 2011, saya melanjutkan pendidikan saya ke jenjang yang lebih tinggi lagi yang mana saya masuk ke dalam Perguruan tinggi Universitas Gunadarma (hingga sekarang) mengambil jenjang S1, Fakultasi Ilmu Komputer, Jurusan Sistem Informasi.

Kelak, Saya ingin bekerja di suatu perusahaan komputer, karena memang sejak dari usia muda, saya sudah kenal komputer dan ingin berkecimpung di dunia komputer, terutama bagian Internet & Web. 

Salah satu motto saya adalah "Hari ini harus lebih baik lagi dari kemarin."

DAFTAR PUSTAKA:

1. Bahasaku, Bahasa Indonesia Ku, 2008. Solo : Terbitan Erlangga.


Tidak ada komentar: