6/23/2013

Gaya Kepemimpinan

Gaya Kepemimpinan

oleh Farizky AriefZacky Hutama


Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi perilaku orang lain tanpa menggunakan kekuatan, sehingga orang-orang yang dipimpinnya menerima dirinya sebagai sosok yang layak memimpin mereka. 

Gaya Kepemimpinan





Gaya kepemimpinan adalah cara yang disenangi dan digunakan pemimpin dalam mempengaruhi orang lain.

Dalam tulisan kali ini saya akan membahas tentang gaya kepemimpinan dari salah satu pendiri perusahaan komputer Apple Inc., yaitu Steve Jobs (1955 - 2011).

Kepemimpinan Steve Jobs

Steve Jobs - 1976

Di tahun 1976, Jobs, yang pada saat itu berusia 21, dan Steve Wozniak, 26, mendirikan Apple Computer Co. di garasi milik keluarga Jobs. Komputer pribadi yang diperkenalkan Jobs dan Wozniak diberi nama Apple I. Komputer itu dijual dengan harga $666.66, sebagai referensi terhadap nomor telepon dari Wozniak's Dial-A-Joke machine, yang berakhir dengan nomor -6666.

Di tahun 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II, yang mendulang sukses besar di pasaran rumah tangga dan memberi Apple pengaruh besar di industri komputer pribadi yang masih muda. Pada tahun 1980, Apple Computer mencatatkan namanya di bursa efek, dan dengan penawaran saham awal yang sukses, ketenaran Jobs bertambah. Tahun itu juga, Apple Computer melepas Apple III.

Steve Wozniak & Steve Jobs

Seiring dengan berkembangnya Apple Computer, perusahaan itu mulai mencari kepemimpinan baru untuk membantu mengatur perkembangan perusahaan tersebut. Di tahun 1983, Jobs menggaet John Sculley, dari Perusahaan Pepsi, untuk memimpin perusahaan Apple Computer, dengan tantangan, "Apakah kamu mau menjual minuman berkarbon seumur hidupmu, atau maukah kamu mengubah dunia?". Tahun itu juga, Apple juga mengeluarkan Apple Lisa yang teknologinya tergolong sangat maju pada saat itu tapi gagal meraih pembeli di pangsa pasar PC.

Jobs and Sculley
Tahun 1984 menjadi tahun pengenalan Macintosh, komputer pertama yang berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis (GUI). Pengembangan Mac dicetuskan oleh Jef Raskin dan tim tersebut menggunakan teknologi yang sudah dikembangkan terlebih dahulu oleh Xerox di Xerox PARC, tetapi belum sempat dikomersilkan. Kesuksesan Macintosh membuat Apple menelantarkan Apple II demi mengembangkan produksi Mac, yang bertahan sampai saat ini.

John Sculley
Walaupun Jobs sangat persuasif dan karismatik bagi Apple, banyak yang menganggap dia sebagi pemimpin yang mudah berubah pikiran dan beremosi tinggi. Di tahun 1985, setelah banyak menyebabkan masalah kepemimpinan di dalam Apple, Sculley memberhentikan Jobs dari jabatannya dan mengusirnya dari Apple.

Setelah keluar dari Apple, Jobs mendirikan sebuah perusahaan komputer lagi, yang dinamakan olehnya NeXT Computer, yang seperti Lisa, NeXT tergolong sangat maju dalam hal teknologi, tetapi tidak pernah menjadi terkenal, kecuali di lingkup riset sains. (Sir Tim Berners-Lee mengembangkan sistem World Wide Web di CERN dengan menggunakan sebuah NeXT Workstation.) Namun NeXT membantu memajukan teknologi-teknologi seperti Program Berbasis Objek (OOP - Object Oriented Programming), PostScript, dan perangkat Magneto-optical.

NeXT Workstation
Di tahun 1996, Apple membeli NeXT seharga $402 juta, dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan. Di tahun 1997 ia menjadi pemimpin sementara di Apple setelah kepergian Gil Amelio.

Jobs - 1988
Dengan pembelian NeXT, banyak teknologi dari NeXT diterapkan ke dalam produk buatan Apple, terutama NeXTSTEP, yang berkembang menjadi Mac OS X. Dibawah bimbingan Jobs, perusahaan tersebut meningkatkan penjualannya setelah memperkenalkan iMac. iMac merupakan komputer pertama yang dijual dengan mengutamakan penampilannya (walaupun iMac juga banyak menggunakan teknologi maju di dalamnya). Sejak saat itu, penampilan yang menarik dan merek yang terkenal telah memberikan keuntungan bagi Apple.
iBook - 2000

iMac - 1998


Belakangan ini, Apple mulai mengembangkan sayapnya. Dengan pengenalan iPod, alat musik portabel, software iTunes, dan iTunes Music Store, perusahaan tersebut melakukan gebrakan di bidang peralatan elektronik pribadi dan juga musik online. Sambil merangsang inovasi, Jobs juga mengingatkan bawahannya bahwa, "Artis tule membuahkan hasil," (real artists ship) yang maksudnya adalah menghasilkan karya-karya dengan tepat waktu sama pentingnya dengan inovasi dan produk jitu.

Apple iPod Video

Steve Jobs - 2005
Jobs bekerja di Apple selama beberapa tahun dengan gaji $1 / tahun. Karenanya dia tercatat di buku Guiness World Records sebagai "pemimpin perusahaan dengan gaji terendah" (Lowest Paid Chief Executive Officer). Setelah Apple mulai meraih laba penjualan kembali, perusahaan tersebut melepaskan gelarnya dari pemimpin sementara menjadi CEO.



Steve Jobs Presentation
Jobs sangat dikagumi karena keahliannya untuk meyakinkan orang dan menjadi salesman unggul, yang sering dijuluki reality distortion field dan hal ini tampak nyata saat ia memberikan keynote speeches di Apple Macworld Expo yang mana dikenal menjadi "Steve Notes".

Apple iMac - 2009


Pixar Animation Studios
Di tahun 1986 Jobs (bersama dengan Edwin Catmull) mendirikan Pixar, sebuah studio animasi komputer di Emeryville, California. Perusahaan itu didirikan dari apa dahulunya divisi computer graphic milik LucasFilm, yang Jobs beli dari pendirinya, yaitu George Lucas, sebesar US$10 juta. Satu dekade kemudian, Pixar berkembang menjadi terkenal dan berhasil dengan film terobosannya Toy Story. Sejak saat itu Pixar sudah membuahkan film-film yang memenangkan Academy Awards yaitu Monsters, Inc., Finding Nemo dan The Incredibles. Karena kepemimpinannya di Pixar dan juga kemampanannya di Apple, Jobs dianggap oleh banyak pengamat industri hiburan sebagai salah satu pengganti Michael Eisner sebagai pemimin dari The Walt Disney Company, yang mendistribusikan dan mendanai film-film buatan Pixar Animation.

Toy Story (courtesy of Disney-Pixar)
Pada tanggal 25 agustus 2011, pendiri sekaligus presiden (CEO - Chief Executive Officer) Apple Inc., Steven Paul Jobs akhirnya resmi memutuskan untuk mengundurkan diri. Tetapi dirinya masih dikenang oleh masyarakat dunia karena karya-karyanya yang terus berkembang mulai dari tahun 2007 ia mengenalkan iPhone sampai terkahir tahun 2010 ia mengeluarkan Apple iPad yang sempat menghebohkan dunia.

Steven Paul "SteveJobs (February 24, 1955 – October 5, 2011)

Tidak ada komentar: